Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rekomendasi 5 Tempat Wisata Alam di Kuningan Jawa Barat

Kabupaten Kuningan merupakan salah satu daerah di Provinsi Jawa Barat yang cukup terkenal dalam menawarkan berbagai pilihan wisata alam terbaik yang sayang untuk dilewatkan. Apabila kalian adalah orang yang tinggal atau sedang berkunjung ke Kota Kuningan, sebaiknya jangan lewatkan kesempatan untuk mampir atau berlibur ke beberapa tempat wisata alam di kuningan yang menawarkan keindahan panorama alam.

Sebenarnya tidak hanya wisata alam, Kuningan juga menyediakan berbagai tempat wisata yang menarik mulai dari wahana permainan, wisata air, wisata edukasi seperti museum yang bisa menjadi referensi pergi berlibur bersama keluarga, sahabat dan rekan kerja. Sedangkan untuk wisata alam, sudah kami lakukan pencarian informasi dan mencoba membuat sebuah Rekomendasi untuk Anda yaitu 5 Tempat Wisata Alam di Kuningan Jawa Barat, sebagai berikut :

  1. Taman Nasional Gunung Ciremai
    Seperti kita ketahui bersama, Gunung Ciremai merupakan gunung tertinggi di Provinsi Jawa Barat, berdiri soliter dengan puncak tertinggi 3078 mdpl, berbatasan dengan tiga kabupaten yaitu Kabupaten Kuningan, Kabupaten Cirebon dan Kabupaten Majalengka. Untuk alamat Kantor Balai Taman Nasional Gunung Ciremai berlokasi di Jalan Raya Kuningan - Cirebon Km 9 No.1 Manislor, Kec. Jalaksana, Kab. Kuningan. Menurut informasi, perubahan kawasan hutan gunung Ciremai menjadi Taman Nasional Gunung Ciremai  (TNGC) ditunjuk oleh Menteri Kehutanan pada tahun 2004 melalui Keputusan Menteri Kehutanan Nomor: 424/Menhut-II/2004 tanggal 19 Oktober Tahun 2004, berdasarkan  usulan dari Pemerintah Kabupaten Kabupaten Kuningan dan  Majalengka. Jika kalian ingin mengetahui lebih rinci bisa langsung mengunjungi situs resmi nya di tngciremai.com

    (sumber : instagram/ctrarhmaw)

  2. Kebun Raya Kuningan
    Selain Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC), kalian bisa mengunjungi Obyek Wisata Alam lainnya yang berbatasan dengan TNGC, yaitu Kebun Raya Kuningan (KRK) bersama keluarga atau sahabat. Lokasi Wisata ini berada di Bawah Kaki Gunung Ciremai atau tepatnya di Desa Padabeunghar, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat. Obyek Wisata ini dibangun pada lahan seluas 146 hektar dengan Topografi berbukit-bukit dan atau memiliki ketinggian mulai dari 490 dpl, sampai dengan 870 dpl.

    (Sumber : instagram/kebunrayakuninganjawabarat)

  3. Telaga Biru Cicerem
    Khusus untuk Obyek Wisata yang satu ini, merupakan salah satu tempat wisata paling populer di situs jejaring sosial Instagram. Rasakan kesegaran air nya, Manjakan Mata kalian dengan Suasana panorama yang Indah dan Menyejukkan pandangan. Telaga Biru Cicerem ini berlokasi di Desa Kadeula, Kec. Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Prov. Jawa Barat. Salah satu keunggulan dari tempat wisata ini adalah Air nya terlalu jernih sehingga apapun yang berada di bawah air bisa terlihat dengan jelas. ditambah lagi dengan banyak nya Ikan Ikan yang menarik dan tempat / spot foto yang instagram-able (sangat cocok untuk berburu foto wisata keindahan alam untuk di upload pada medsos kalian)

    (Sumber : instagram/chennadia_)

  4. Curug Putri Palutungan
    Tempat Wisata Curug Putri Palutungan ini bisa kami rekomendasikan untuk menyegarkan badan atau pikiran dari penat nya kesibukan bekerja atau aktivitas kantor yang Jenuh. Manjakan Jiwa anda dengan berkunjung ke Wisata Alam Curug Putri Palutungan. Tempat wisata ini dinamakan Curug Putri karena dipandang dari kejauhan terdapat kemiripan / berbentuk seperti seorang Putri yang sedang memakai Gaun. Untuk Lokasi Tempat Wisata ini berada di Desa Cisantana RT.07 / RW.03, Kec. Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

    (Sumber : instagram/buperpalutungan)

  5. Sukageri View Kuningan
    Lokasi Wisata Sukageri View Kuningan ini beralamat di Jalan Palutungan, Kec. Cigugur, Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Sejak tahun 2017, obyek wisata ini sangat menarik perhatian wisatawan lokal maupun luar kota, karena selain menyuguhkan pemandangan alam yang indah untuk sekelas wisata alam ini menyajikan spot / titik foto strategis untuk diabadikan dengan kamera. Biasanya tempat wisata yang mempunyai spot foto cantik berbiaya cukup mahal, namun disini untuk menikmati seluruh fasilitas spot foto tersebut cukup membayar HTM (Harga Tiket Masuk) sekitar Rp 10.000- 15.000 per orang.

    (Sumber : instagram/fisi_ajengg_)
     
    Uraian di atas merupakan 5 rekomendasi tempat wisata alam di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat yang dapat kalian coba kunjungi disaat berlibur atau kunjungan dinas luar kota. Kalian bisa memilih sendiri sesuai dengan selera dan budget traveling yang ada. Kabupaten Kuningan dengan tempat berlibur yang asyik dan menyenangkan bisa menjadi opsi atau pilihan menarik. Nah, jika kalian sudah menentukan pilihan atau rencana kunjungan ke beberapa atau sekaligus obyek wisata tersebut, jangan lupa juga mencari tempat menginap seperti hotel, penginapan dan resort dengan harga atau promo diskon disaat moment tertentu dengan mudah melalui aplikasi pemesanan online kesayangan kalian. Semoga informasi wisata ini dapat bermanfaat dan cukup memberikan inspirasi buat kalian ya. Selamat berwisata ya. :)